( 10-August-2018 ) Selamat Tim Basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah! | ( 07-August-2018 ) Pemerintah Jajaki Peluang Kerja Sama untuk Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral | ( 03-August-2018 ) Reuni Ditjen Bina Bangda: Napak Tilas dari Merdeka Utara, Keramat Raya, hingga Kalibata | ( 02-August-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Dukung Kerja Sama Investasi antara Badan Koordinasi CSR Nasional (BKCN) dengan Korea Sinzisikin Association (KSA) | ( 19-July-2018 ) Inilah Pemenang Bangda Cup 2018 | ( 06-July-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Integrasikan E-Planning RPJMD, RKPD, dan Aplikasi Dokrenda |


SABANG, ACEH – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla meresmikan Sail Sabang 2017 pada Sabtu, (2/12/2017) di Pelabuhan CT3 Badan Pengawasan dan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Kota Timur, Sabang, Aceh.

Peresmian tersebut sekaligus puncak kegiatan Sail Sabang 2017 yang digelar sejak 28 November hingga 5 Desember.

Sebelumnya, festival sail di Indonesia berawal dari Sail Bunaken di Manado pada 2009 yang selanjutnya digelar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Banda, Wakatobi, Belitong, Morotai, Komodo, Raja Ampat, Teluk Tomini, dan terakhir di Selat Karimata pada 2016.

Terpilihnya Sabang sebagai lokasi rangkaian sail Indonesia seri ke-9 lantaran Sabang merupakan lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat Indonesia.

Dengan mengangkat tema “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia,” diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada sambutannya mengharapkan agar Sabang menjadi pilihan kapal-kapal wisata untuk berlabuh. Dengan semakin banyaknya kapal yang singgah ke Sabang, tentu dapat meningkatkan pendapatan daerah provinsi Aceh.

Selain dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, acara puncak Sail Sabang juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan; Menteri Pariwisata, Arief Yahya; dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Selain itu, turut hadir juga para pejabat dari berbagai kementerian/lembaga, perwakilan Pemerintah Daerah provinsi Aceh, serta tamu dan undangan yang turut meramaikan puncak Sail Sabang 2017.

Usai meresmikan acara puncak Sail Sabang 2017, Wapres Jusuf Kalla beserta rombongan rombongan menyaksikan penampilan tarian kolosal kisah perjuangan pejuang laut wanita asal aceh, Laksamana Malahayati kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi ke KRI Bima Suci. [Mahfud Achyar]. 

about author

Link Terkait