( 21-September-2018 ) Pertemuan Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Penerapan Spm Urusan Pemerintahan Bidang Trantibumlinmas Ke Dalam Dokumen Perencanaan Daerah Tahun Anggaran 2018 | ( 31-August-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi di Lombok | ( 10-August-2018 ) Selamat Tim Basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah! | ( 07-August-2018 ) Pemerintah Jajaki Peluang Kerja Sama untuk Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral | ( 03-August-2018 ) Reuni Ditjen Bina Bangda: Napak Tilas dari Merdeka Utara, Keramat Raya, hingga Kalibata | ( 02-August-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Dukung Kerja Sama Investasi antara Badan Koordinasi CSR Nasional (BKCN) dengan Korea Sinzisikin Association (KSA) |


JAKARTA – Kamis, (9/8/2018), tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah berhasil mencetak sejarah dengan menjadi pemenang dalam pertandingan final basket antar komponen lingkup Kemendagri melawan Ditjen Otonomi Daerah di GOR Bangun Raga Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kalibata, Jakarta Selatan.

Skor 51 vs 48 menjadi akhir perjuangan masing-masing tim dalam merebut gelar juara. Ketika pluit panjang berbunyi, riuh kemenangan memenuhi GOR Bangun Raga. Para pendukung tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah bersorak-sorai sebab tim kesayangan mereka keluar menjadi pemenang.

Direktur PEIPD Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri R. Budiono Subambang sekaligus sebagai penanggungjawab pertandingan basket mengaku bangga atas keberhasilan tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah. Ia berharap kemenangan ini menjadi modal untuk bermain lebih baik lagi pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah melalui pesan WhatsApp, pelatih tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah Irfan Muslim mengatakan kemenangan tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah merupakan kemenangan pertama sejak diselenggarakannya pertandingan basket lingkup Kemendagri pada tahun 2016. “Perasaan gembira, senang, dan terharu karena perjuangan luar biasa dari Bangda BC (Basketball Club) akhirnya tahun ini menjadi yang terbaik,” tulis Irfan.

Jika ditarik ke belakang, perjuangan tim basket Ditjen Bina Pembangunan Daerah untuk menjadi pemenang melalui proses yang panjang. Kata Irfan, Bangda BC berlatih dengan penuh kedisiplinan setiap hari Selasa dan Kamis. Latihan yang dilakukan secara intens perlu dilakukan untuk melatih kedisplinan masing-masing personel serta meningkatkan keterampilan individu dan kekompakan tim.

“Kunci kemenangan kami yaitu memperkuat tim dengan catatan harus mempunyai the six man (pengganti) yang memiliki kemampuan sama di dalam tim. Sebelumnya, kami juga sudah melakukan dua kali pertandingan uji coba dengan Pemda DKI dan Club Divisi II Depok. Bertanding melawan Pemda DKI kami menang dengan skor 64 vs 59, namun dengan Club Divisi II Depok kami mengalami kekalahan dengan skor 58 vs 51,” imbuh Irfan.

Dreams come true,” begitu ungkapan salah satu anggota Bangda BC Jefry Fernando. “Tim Bangda BC sempat diremehkan namun sekarang bisa membuktikan bahwa dapat menjadi yang terbaik di Kemendagri,” ungkap Jefry.

Lebih lanjut, Jefry mengatakan bahwa tahun ini Bangda BC memang menargetkan untuk menjadi juara 1. Target tersebut diinisiasi sejak diresmikannya GOR Bangun Raga. “Pimpinan, official, dan manager team sangat serius merealisasikan target Ditjen Bina Pembangunan Daerah menjadi juara. Kami sangat bersyukur karena mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan, salah satunya dukungan dengan mendatangkan pelatih. Terima kasih untuk seluruh pimpinan, kapten tim, pelatih, manager dan seluruh pegawai Ditjen Bina Pembangunan Daerah berkat doa dan dukungan kalian, Ditjen Bangda untuk pertama kalinya mengukir sejarah menjadi juara 1,” imbuh Jefry.

Lomba basket merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyemarakkan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke-73 tahun yang diikuti 13 komponen di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Berikut daftar pemenang lomba basket antarkomponen lingkup Kementerian Dalam Negeri:

Juara I: Ditjen Bina Pembangunan Daerah

Juara II: Ditjen Otonomi Daerah

Juara III: Ditjen Bina Keuangan Daerah

Juara IV IPDN

Selamat untuk semua pemenang! [Mahfud Achyar]

 

 

about author

Link Terkait