( 06-October-2018 ) Menteri ATR/Kepala BPN Buka Rakornas Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah | ( 01-October-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah dan BNPP Gelar Pagelaran Wayang | ( 25-September-2018 ) Indonesia Menyambut Asian Para Games 2018! | ( 24-September-2018 ) Ketua Umum OASE Cinta Kabinet Kerja Kunjungi Program Kampung Sejahtera di Kabupaten Malaka | ( 21-September-2018 ) Pertemuan Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Penerapan Spm Urusan Pemerintahan Bidang Trantibumlinmas Ke Dalam Dokumen Perencanaan Daerah Tahun Anggaran 2018 | ( 31-August-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi di Lombok |


KABUPATEN MALAKA, NUSA TENGGARA TIMUR – Ketua Umum OASE Kabinet Kerja Erni Guntarti Tjahjo Kumolo beserta rombongan yang terdiri dari istri-istri menteri Kabinet Kerja di antaranya Hani Pramono Anung, Bintang Puspayoga, dan Peggy Lukita mengunjungi program Kampung Sejahtera di kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur pada Selasa, (18/9/2018).

Rombongan tiba di kapubaten Malaka sekitar pukul 11 siang waktu setempat serta disambut dengan upacara adat dan tarian daerah khas Nusa Tenggara Timur. Bupati Kabupaten Malaka Stefanus Bria Seran menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada tim OASE yang sudah berkunjung ke kabupaten Malaka khususnya ke desa Barada dan desa Alas Selatan yang menjadi lokasi program Kampung Sejahtera.  “Kami menyampaikan terima kasih kepada ibu yang dengan kekuatan bersama ibu-ibu yang tergabung dalam Oase telah memberikan pemaknaan terhadap masyarakat di daerah kita ini,” ungkap Stefanus.

Lebih lanjut, Stefanus mengatakan bahwa Ketua Umum Oase sudah pernah berkunjung ke kabupaten Malaka. Namun kunjungan kali ini terasa spesial karena Ketua Umum Oase beserta rombongan langsung mengunjungi lokasi program Kampung Sejahtera serta bertatap muka secara langsung dengan masyarakat desa Alas Selatan dan desa Barada.

Sementara itu, Erni Guntatarti pada sambutannya mengatakan bahwa program Kampung Sejahtera merupakan program yang diinisiasi oleh OASE Cinta Kabinet Kerja, organisasi yang terdiri para pendamping menteri Kabinet Kerja yang turut mendukung dan berperan dalam menyukseskan program Kabinet Kerja.

Program Kampung Sejahtera melibatkan berbagai kementerian dan lembaga guna mewujukan profil desa yang mandiri dan sejahtera. “Kami bekerjasama tentu saja tidak bisa bekerja sendiri. Kami dengan semua kementerian dan lembaga,” ujar Erni.

Sebelumnya, program Kampung Sejahtera telah sukses dijalankan di desa Kohod, kecamatan Pakuhaji, kabupaten Tangerang. Selanjutnya, Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara terpilih menjadi dua wilayah program Kampung Sejahtera berikutnya.

“Tentunya kami berharap juga kerja sama dari masyarakat di sini supaya nantinya kampung atau desanya akan lebih baik lagi sehingga masyarakatnya akan lebih sejahtera lagi. Jadi saya inginkan tentunya kerja sama. Semoga ada perubahan sebelum dan sesudah dibedah. Kalau nanti sudah dibangun, sudah bagus, tolong jaga perawatannya. Jadi, mari kita rawat bersama. Kita majukan desa kita sendiri sehingga tentu bisa menjadi desa seperti visi dan misi kita dari PKK. Kita ingin menyejahterakan keluarga-keluarga di Indonesia supaya bisa mandiri dan lebih sejahtera lahir dan batin,” imbuh Erni.

Usai berkunjung ke desa Alas Selatan dan desa Barada, rombongan Oase Cinta Kabinet Kerja bertemu dengan para penggerak PKK di Aula Kantor Bupati Kabupaten Malaka. Di hadapan para penggerak PKK kabupaten Malaka, Erni yang sekaligus menjabat Ketua Umum Tim Penggerak PKK mengingatkan kembali peran PKK untuk menjalani sepuluh program PKK yaitu penghayatan dan pengalaman Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

Selain itu, Erni juga mengingatkan bahwa PKK harus menjadi pilar bagi terwujudnya Kampung Sejahtera, peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat melalui wirausaha, pencegahan stunting, serta pencegahan kanker serviks dengan pemeriksaan IVA secara berkala. [Mahfud Achyar]

about author

Link Terkait