( 10-November-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Fasilitasi Rapat Penerapan Aplikasi OSS Sektor Pariwisata | ( 01-November-2018 ) Sosialisasi Penanganan Pengaduan Subsidi Listrik Tepat Sasaran | ( 30-October-2018 ) Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun: Bangun Pemuda Satukan Indonesia! | ( 22-October-2018 ) Hadi Prabowo: Pemerintah Dorong Peluang Investasi di Daerah | ( 22-October-2018 ) Mendagri Himbau Kepala Daerah Menyusun Perencanaan Tepat Sasaran | ( 22-October-2018 ) Hadi Prabowo: E-Planning Harus Terintegrasi Secara Nasional |


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menutup secara resmi rapat koordinasi penerapan e-planning dalam penyusunan dokumen RPJMD dan RKPD bagi 171 daerah hasil Pilkada serentak tahun 2018 yang dilaksanakan pada Senin, (8/10/2018) di Grand Sahid Jakarta.

Pada kesempatan itu, Mendagri mengatakan e-planning Kemendagri bertujuan untuk membantu Pemda dalam menyusun dokumen perencanaan sesuai dengan regulasi yang  sudah ditetapkan. Keberadaan e-planning Kemendagri diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan di antaranya; 1) memfasilitasi perencanaan yang holistik dan integratif sebagaimana arahan presiden; 2) menjadi database rencana pembangunan daerah; 3) instrumen akuntabilitas publik sekaligus perangkat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan; serta 4) pemenuhan kebutuhan regulasi.

Menurut Mendagri, pembangunan yang menyejahterakan dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran. “Penerapan e-planning membutuhkan komitmen seluruh pihak sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan yang berkualitas,” ujar Mendagri.

Rapat koordinasi penerapan e-planning dalam penyusunan dokumen RPJMD dan RKPD bagi 171 daerah hasil Pilkada serentak tahun 2018 dihadiri oleh pejabat eselon 1, 2, dan 3 di lingkungan kementerian/lembaga dan 171 daerah beserta kepala Bappeda dari 171 daerah. [Mahfud Achyar]

about author

Link Terkait