( 27-December-2018 ) Kemendagri Gelar Konferensi Pers untuk Laporkan Kegiatan Tahun Anggaran 2018 | ( 27-December-2018 ) Kemendagri dan BKCN Teken Kerja Sama Energi Terbarukan | ( 20-December-2018 ) Dharma Wanita Persatuan Kementerian Dalam Negeri Gelar Lomba Vocal Group | ( 28-November-2018 ) Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Diah Indrajati Hadiri Dies Natalis FIK UI | ( 13-November-2018 ) Penduduk, Subjek Sekaligus Objek Pembangunan | ( 10-November-2018 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Fasilitasi Rapat Penerapan Aplikasi OSS Sektor Pariwisata |


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menutup secara resmi rapat koordinasi penerapan e-planning dalam penyusunan dokumen RPJMD dan RKPD bagi 171 daerah hasil Pilkada serentak tahun 2018 yang dilaksanakan pada Senin, (8/10/2018) di Grand Sahid Jakarta.

Pada kesempatan itu, Mendagri mengatakan e-planning Kemendagri bertujuan untuk membantu Pemda dalam menyusun dokumen perencanaan sesuai dengan regulasi yang  sudah ditetapkan. Keberadaan e-planning Kemendagri diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan di antaranya; 1) memfasilitasi perencanaan yang holistik dan integratif sebagaimana arahan presiden; 2) menjadi database rencana pembangunan daerah; 3) instrumen akuntabilitas publik sekaligus perangkat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan; serta 4) pemenuhan kebutuhan regulasi.

Menurut Mendagri, pembangunan yang menyejahterakan dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran. “Penerapan e-planning membutuhkan komitmen seluruh pihak sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan yang berkualitas,” ujar Mendagri.

Rapat koordinasi penerapan e-planning dalam penyusunan dokumen RPJMD dan RKPD bagi 171 daerah hasil Pilkada serentak tahun 2018 dihadiri oleh pejabat eselon 1, 2, dan 3 di lingkungan kementerian/lembaga dan 171 daerah beserta kepala Bappeda dari 171 daerah. [Mahfud Achyar]

about author