( 15-July-2019 ) Pemenang TPID Award 2019 Segera Diumumkan | ( 15-July-2019 ) Informasi Publik | ( 11-July-2019 ) Pemerintah dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting Guna Pastikan Inflasi 2019 Terjaga di Kisaran 3,5% | ( 11-July-2019 ) Cegah Bahaya Rokok, Pemerintah Daerah Perlu Terapkan Kawasan Tanpa Rokok | ( 10-July-2019 ) Harganas 2019: Hari Keluarga, Hari Kita Semua | ( 28-June-2019 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Imbau Pemerintah Daerah Integrasikan RAD AMPL ke dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah |

JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri mengundang delapan International Non-governmental Organization (INGO) yang menjadi mitra kerja Ditjen Bina Pembangunan Daerah guna menghadiri rapat kooordinasi awal tahun 2019 pada Senin, (11/2/2019) di Aone Hotel Jakarta.

Adapun delapan INGO yang diundang yaitu Winrock International, SNV, Ford Foundation, Islamic Relief Worldwide, Plan International, Swisscontact, CARE, dan OISCA. Selain itu, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri juga turut mengundang Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemendagri dan Kepala Biro Kerjasama Teknik Luar Negeri Sekretariat Negara sebagai narasumber pada rapat tersebut.

Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Zanariah pada sambutannya mengatakan INGO membantu mengoptimalkan peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, pengentasan kemiskinan, dan mencapai target nasional. “INGO diharapkan dapat mengisi kekosongan peran yang harusnya dilakukan pusat dan daerah sebagai mitra strategis pemerintah dalam mencapai target pembangunan nasional dan pembangunan daerah,” kata Zanariah.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Wahyu Suharto menambahkan dengan prinsip altruism (mementingkan orang lain) dan kesukarelaan, INGO diharapkan dapat mengisi kekosongan yang tidak dapat dijangkau oleh pemerintah pusat dan daerah.

Rapat koordinasi awal tahun antara pemerintah dengan INGO penting dilakukan untuk penyusunan rencana kerja INGO serta mengoptimalkan peran INGO yang menjadi mitra strategis pemerintah khususnya dalam pembangunan daerah. [Mahfud Achyar]

 

 

 

about author