AKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023, Upaya Percepat Transformasi Digital di Daerah

Tanggal Publikasi Jul 23, 2023
299 Kali

Jakarta – Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Restuardy Daud menghadiri kegiatan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023, Jumat (21/07/2023) di Hotel Swiss-Belresidences Kalibata, Jakarta Selata.

Pada kegiatan tersebut, Restuardy membuka acara dan bertindak sebagai pewawancara dalam kegiatan yang dihadiri oleh sembilan finalis yang terdiri dari masing-masing tiga provinsi dan masing-masing tiga pemerintahan kabupaten dan kota. 

Masing-masing pemerintah daerah diwakili Sekretaris Daerah masing-masing, yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Banyuwangi, Kota Denpasar, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

ASKOMPSI bersama Ditjen Bina Pembangunan Daerah menginisiasi ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 yang bertujuan untuk mewujudkan percepatan transformasi digital di daerah dan membangun komitmen pemerintah daerah. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi daya ungkit dan sebagai bentuk dorongan percepatan terwujudnya transformasi digital di daerah serta merupakan salah satu upaya mencapai keberhasilan menuju Indonesia digital.

“Di Setiap tingkatan pimpinan, baik di tingkat pusat maupun daerah, perlu dikembangkan digital leadership government guna meningkatkan kepemimpinan menuju transformasi digital pemerintah,” jelas Restuardy. 

Restuardy juga menjelaskan bahwa Sekretaris Daerah merupakan sosok agen perubahan untuk dapat memiliki digital competency di lingkup pemerintah daerah yang dapat mendorong pemerintah daerah untuk bisa melakukan hal yang bersifat digital yang dapat bersifat akuntabel, transparan, dan cepat.

Dalam kegiatan tersebut juga Restuardy bersama Ditjen Bina Pembangunan Daerah mengapresiasi atas rangkaian pelaksanaan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 serta diharapkan dapat menginisiasi dan mempelopori kegiatan yang dilakukan Sekretaris Daerah yang dapat dijadikan role model dalam pelaksanaan digital government untuk daerah lainnya. 

Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, pada pertemuan lebih lanjut akan dilakukan pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada pemenang yang akan dilaksanakan pada 27 Juli 2023 ini.