( 20-May-2019 ) Hari Kebangkitan Nasional ke-111: Bangkit untuk Bersatu | ( 17-May-2019 ) Kemendagri Gelar Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 | ( 17-May-2019 ) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Bahas Pemanfaan Aplikasi E-Planning | ( 16-May-2019 ) Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Lantik Pejabat Pengawas (Eselon IV) | ( 15-May-2019 ) Tjahjo Kumolo: Kota Cerdas Jadi Solusi Permasalahan Kota | ( 10-May-2019 ) 2045, Indonesia Diprediksi Peringkat Keempat Sebagai Negara dengan Kekuatan Ekonomi Terbesar di Dunia |


BALIKPAPAN, Bangda – Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah (PEIPD) R. Budiono Subambang memberikan kata sambutan penutupan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II, di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (14/3/2019) sore.

Budiono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesediaan Provinsi Kalimantan Timur selaku tuan rumah atas terselenggaranya Rakortekrenbang dengan sangat baik. Begitu juga dengan partisipasi utusan daerah dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua, pejabat di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas, dan 27 Kementerian/Lembaga  dan non Kementerian atas kolaborasi dan sinergi yang dibangun di acara tersebut. Begitu juga dengan kehadiran dari Kementerian ATR, BPN, BNPB, Badan POM, dan Kemenko Maritim sebagai observer. Jumlah peserta rakortekrenbang regional II berjumlah sekitar 4000 dari 550 peserta yang di undang.

Hasil yang diharapkan dari Rakortekrenbang Regional II di kota Balikpapan tambah Budiono adalah; 1. Tersentuhnya program, kegiatan, proyek, target, lokasi dan anggaran Pusat-Daerah telah menunjukkan lokasi target pembangunan nasional tahun 2019, 2. Terwujudnya komitmen Daerah dalam mendukung pencapaian lima usulan prioritas nasional tahun 2020, 3. Terciptanya koordinasi yang lebih baik antara Pusat-Daerah, 4. Gubernur sebagai wakil Pemerintah di Daerah dapat menjabarkan hasil Rakortekrenbang ke Kab/Kota dengan melaksanakan Kortekrenbang tingkat Provinsi, dan 5. Terwujudnya program dan kegiatan yang sesuai dengan potensi Daerah dan kerja sama dengan swasta atau pembiayaan investasi non anggaran dan Pemerintahan di luar APBN dan APBD.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan tindaklanjut bagi para peserta adalah, hasil dari Rakortekrenbang ini menjadi salah satu materi pembahasan pelaksanaan Kortekrenbang Provinsi dan Musrenbang Provinsi.

 

Di akhir kata sambutannya, Budiono mengucapkan alhamdulillahi Robbil `Alamin dan secara resmi menutup acara Rapat koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Timur. (AF) Dokumentasi: Mahfud Achyar.

about author