DITJEN BINA PEMBANGUNAN DAERAH

KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Muhammad Hudori Hadiri Seminar Nasional GERCIN

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori menghadiri acara Orientasi Dewan Pimpinan Nasional dan Seminar Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GERCIN) pada Kamis, (15/8/2019) di Hotel Grand Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Hdori menyambut baik acara orientasi dan seminar nasional GERCIN karena sebagai bentuk rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang terdiri dari berbagai suku, adat, bahasa, dan agama yang bernaung dalam Bhineka Tunggal Ika.

Pada sambutannya, Hudori mengatakan pemerintah berupaya memberdayakan Organisasi Masyarakat (Ormas) dengan saling bekerja sama antara Pemerintah Daerah (Pemda), Ormas itu sendiri dan pihak ketiga. “Terdapat strategi-strategi dalam pemberdayaan Ormas yaitu strategi pembinaan, strategi penggunaan, dan strategi pengawasan dan pengendalian. Melalui Permendagri Nomor 58 Tahun 2017, diatur mengenai kerja sama pemerintah dengan Ormas untuk mengoptimalkan pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa serta pembangunan nasional, salah satunya dapat berperan sebagai penggerak revoluasi mental melalui pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional, Gerakan Nasional Revolusi Mental, pemantapan ideologi Pancasila serta penguatan pendidikan karakter,” jelas Hudori.

Acara Orientasi Dewan Pimpinan Nasional dan Seminar Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GERCIN) dihadiri para pengurus/anggota DPP Gercin, Ketua Komisi I DPRP Papua Bp. Yonas Alfons S Nusi, para pejabat yang mewakili kementerian/lembaga Kemenko Polhukam Dir Sosbud Baintelkam Polri dan Direktur 3 BIN, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon M.M. [Mahfud Achyar]