Mendagri Meminta Daerah Terus Tingkatkan Belanja Modal

Tanggal Publikasi May 23, 2013
670 Kali
Penyerapan belanja modal daerah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, Mendagri, Gamawan Fauzi meminta daerah supaya terus meningkatkannya.

"Kalau ini bisa dinaikkan lagi, sesuai dengan targetnya, yaitu 28 persen di tahun 2013, maka akan semakin baik. Saat ini, baru 24 persen, tinggal 4 persen lagi dari target 2013." Demikian terang Mendagri dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2013, pada 30 April 2013, di Jakarta.

Beliau mengungkapkan, kalau ada efisiensi, misalnya DPRD mau sedikit mengurangi belanja perjalanan dinas, maka dana ini bisa dialihkan untuk belanja modal. Katanya, ‘Pekerjaan Rumah’ Kemendagri sekarang adalah 4 persen untuk kenaikan belanja modal daerah, dan pada 2014 harus mencapai 30 persen. Kepada para gubernur yang hadir dalam acara itu, beliau mengajak supaya bisa menyepakati bersama, kenaikan belanja modal menjadi 26 persen pada tahun 2013.

“Artinya, target belanja modal seluruh provinsi dan kabupaten/kota melebihi 100 persen,” jelas beliau lagi. Tapi, menurut beliau, semua itu sangat tergantung pada perencanaannya.

Dalam kesempatan itu, beliau juga menyampaikan, kebijakan penganggaran pemerintah pada tahun anggaran 2014, yaitu: alokasi anggaran fungsi pendidikan minimal 20 persen dari belanja daerah; alokasi anggaran urusan kesehatan minimal, sebanyak 10 persen dari belanja APBD di luar gaji; alokasi belanja modal dalam APBD TA 2014, setidaknya 30 persen dari belanja daerah; dan alokasi belanja pegawai, maksimum 50 persen dari total belanja APBD, tidak boleh lebih.[ds/ray]