Sekretaris Ditjen Bangda Beralih Tugas

Tanggal Publikasi Jul 31, 2015
787 Kali
Ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Ungkapan klasik itu sering dilontarkan dalam sambutan-sambutan acara perpisahan. Meski ‘usang’, kalimat itu selalu memikat karena nilai relevansinya. Kalimat itu pula menjadi pas untuk mewakili suasana pelepasan Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) yang beralih tugas.

Tepat pukul 17.00 WIB, suasana Kantor Ditjen Bina Pembangunan Daerah begitu khidmat ketika pembawa acara mempersilakan Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc untuk menyampaikan sambutan terakhirnya di kantor salah satu komponen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, karena beliau resmi beralih tugas dan akan memangku jabatan baru sebagai pejabat fungsional widyasiwara.

Dalam usia yang saat ini 60 tahun 1 hari, Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc telah bekerja di Kemendagri selama 32 tahun 4 bulan. Selama itu, 1 tahun 2 bulan bekerja di Ditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan selebihnya di Ditjen Bina Pembangunan Daerah dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah.

Dalam Acara Berbuka Puasa Bersama dan Alih Tugas Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah, pada 13 Juli 2015 di Lobi Kantor Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kalibata, Jakarta Selatan, Dr. H. Sjofjan Bakar, M.Sc, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua yang telah bersama-sama bertugas di kantor itu.

“Atas dukungan dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan selama ini menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah Swt,” ungkapnya penuh haru.

“Dalam kesempatan ini pula, saya atas nama keluarga, memohon maaf atas semua kekuarangan-kekurangan selama bekerja. Dalam momen bulan Ramadhan ini, kami sekeluarga juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt,” demikian ungkapnya lagi.

Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc juga mengucapkan selamat kepada para pegawai yang masih aktif di Ditjen Bina Bangda dan mendokannya supaya tugas yang diamanatkan dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Ditjen Bina Bangda Periode 2014-2015 itu juga mengungkapkan kesannya selama bekerja.

“Kesan saya, selama bekerja di Kemendagri, khususnya di Ditjen Bina Pembangunan Daerah, banyak sekali yang saya dapatkan. (Yang melekat), soal kekompakan bekerja, terutama dalam rangka meningkatkan pekerjaan yang kita emban sekarang ini,” ucapnya.

Tak hanya kesan, ia juga berpesan kepada para pegawai yang masih aktif untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan menjadikan perubahan sebagai tantangan sekaligus peluang.

“Dengan adanya struktur yang baru, yaitu adanya Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (UPD) yang menggantikan nomenklatur lama, tentunya banyak perubahan-perubahan yang harus dijadikan sebagai tantangan sekaligus peluang bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Dr. H. Muh. Marwan, M.Si, Dirjen Bina Bangda menyampaikan rasa harunya, karena telah ditinggal oleh salah seorang yang ia sebut sebagai ‘Aset Ditjen Bina Bangda’.

“Sore hari ini, saya berbahagia, di satu sisi dan di sisi lain juga bersedih. Berbahagia Karena kita bisa berkumpul di sini, tapi juga sedih karena kita harus berpisah karena Pak Sjofjan akan alih tugas,” ucapnya.

“Insya Allah beliau akan memangku jabatan baru sebagai pejabat fungsional widyaswara. Karena itu, tidak ada kalimat lain yang pas (yang perlu diucapkan) pada sore ini, kecuali kita menyampaikan rasa syukur kepada Allah Swt., karena kita bisa bersama-sama berkumpul di sini (dalam rangka melepas Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc),” ungkapnya.

Dr. Muh. Marwan, M.Si menyampaikan penghargaan yang tinggi atas dedikasi yang telah diberikan Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc selama 32 tahun 4 bulan yang mayoritas waktu pengabdiannya dihabiskan di Ditjen Bina Bangda.

Menyinggung soal pengabdian di Kemendagri, Dirjen yang pernah memimpin Badan Litbang Kemendagri itu menyampaikan bahwa karier (PNS) yang bagus itu seharusnya bisa berpindah-pindah dari satu komponen ke komponen lain di Kemendagri.

“Sebetulnya yang bagus itu, 50% lebih waktu bekerja (harusnya) dihabiskan di komponen (Kemendagri),” katanya.

“Idealnya, (pegawai bertugas) di satu komponen itu 10 tahun. Meski demikian, realita yang ada tetap harus kita syukuri. Dan sore hari ini kita mengadakan syukuran bersama, karena untuk mencapai apa yang sudah dicapai oleh Pak Sjofjan Bakar, belum tentu bisa dicapai oleh kita,” tambahnya.

“Ini menjadi tantangan ke depan bagi pembinaan personil. Sehingga seseorang bisa disebut aset Kemendagri atau (hanya) aset Ditjen Bina Bangda? Ini pertanyaan besar kita ke depan, sehingga untuk yang muda, semakin banyak di komponen-komponen (Kemendagri), maka semakin baik,” ungkapnya lagi.

Dr. H. Muh. Marwan, M.Si sendiri menghabiskan waktu pengabdiannya selama 12 tahun di Diklat, sebelum akhirnya diamanahi tugas sebagai Dirjen di Ditjen Bina Bangda.

“Saya termasuk yang jelek dari sisi perpindahan antarkomponen. Saya punya teman. Beliau adalah aset nasional. Beliau sudah bertugas di banyak kementerian. Dengan begitu, kita tidak akan merasa khawatir (berada) di mana pun,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Dr. H. Muh. Marwan, M.Si menyampaikan, permohonan maaf dan doa kepada Dr. Sjofjan Bakar, M.Sc dan keluarga.

“Saya mewakili teman-teman Ditjen Bina Bangda menyampaikan selamat, karena Bapak sudah melewati satu periode periode jabatan struktural. Kami juga meminta didoakan supaya bisa melewati periode seperti Bapak (dengan baik),” uangkapnya.

“Kami semuanya memohon maaf atas kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja selama bertugas bersama Bapak. Permohonan maaf juga kami sampaikan kepada keluarga Bapak. Dan apabila Bapak dan keluarga ada kesalahan, kami pun memaafkan dengan ikhlas. Mudah-mudahan dengan ‘ijab kabul’ saling memaafkan ini, sebelum hari raya Idul Fitri, kita sudah sama-sama diampuni oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya lagi.

“Kami juga mendoakan, khususnya untuk Pak Sjofjan beserta keluarga, mudah-mudahan bisa menjalani kehidupan ke depan yang lebih baik, Bapak dan Ibu tetap sehat, panjang umur, dan bisa beramal yang lebih baik lagi,” tutupnya.[ds]