ISO 9001-2008, Titik Penting Perbaikan Lembaga

Dipublikasikan oleh : Agni Prameswara
ISO 9001-2008 tidak hanya untuk organisasi profit, tapi juga untuk organisasi pemerintahan, karena ISO 9001-2008 merupakan sistem manajemen mutu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

ISO 9001-2008 Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri 2013 menjadi titik penting dalam memulai pelaksanaan perbaikan pelayanan di lingkungan lembaga.

Terkait hal itu Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Dr. H. Muh. Marwan, M.Si. menilai bahwa kegiatan Bimtek Auditor dalam Rangka Penyusunan Sertifikat ISO 9001-2008 di Lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri 2013 adalah titik penting dalam pelaksanaan perbaikan pelayanan di lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah.

“Acara ini sangat penting walau hanya dilaksanakan selama dua hari. Saya berharap semua peserta mengikuti rangkaian acara secara utuh, agar semua proses yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula,” harap beliau.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap berbagai pihak, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri melaksanakan Bimbingan Teknis Auditor dalam Rangka Penyusunan Sertifikat ISO 9001-2008 di Lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri tahun 2013. Acara ini dilaksanakan pada 16-17 September 2013, di Jakarta.

Dalam acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Dr. H. Muh. Marwan, M.Si itu menghadirkan instruktur dari PT. Global Solution Mandiri yang selama ini telah berpengalaman membimbing auditor untuk melaksanakan ISO 9001 2008.

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Bagian Perundang-undangan dan Kepegawaian Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Drs. Moch. Hanafi Alfro, MM menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan dengan maksud sebagai upaya peningkatan pemahaman terhadap calon auditor internal dalam rangka menilai dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penyusunan dokumen dan sertifikasi ISO 9001-2008 kepada para pejabat struktural maupun fungsional di lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah.

“Tujuan acara ini dilaksanakan adalah untuk menyiapkan aparatur sebagai auditor internal agar lebih memahami tugas dan fungsi dalam mengaudit dokumen SOP di lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah, serta untuk memproses penyusunan dokumentasi dan sertifikasi ISO 9001-2008 di lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah,” jelas beliau.[ds/hkm]