Selat Karimata, Teluk Bone, Teluk Tomini, dan Provinsi Berciri Kepulauan Menjadi Fokus Dekon Pesisir

Dipublikasikan oleh : Administrator>
Dibaca Sebanyak 296 kali
Dekonsentrasi pesisir tahun anggaran 2013 difokuskan pada tindaklanjut pengelolaan terpadu Selat Karimata, Teluk Bone, Teluk Tomini, dan Provinsi Berciri Kepulauan. Dalam pemfokusan tersebut, diharapkan di tahun anggaran 2013, lampiran perjanjian kerjasama sudah di tandantangani oleh gubernur di wilayah Selat Karimata, Teluk Bone, dan Teluk Tomini. Demikian disampaikan Drs. Binar Ginting, MM, Direktur Pengembangan Wilayah Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri.

Isu pemfokusan pada kegiatan tersebut tercetus dalam Rakor Pusat-Daerah dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Penguatan Kelembagaan dalam Pengelolaan dan Pengembangan Wilayah Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil Tahun Anggaran 2013, pada 20-22 Juni 2013, di Jakarta.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para peserta dari 13 provinsi pengelola dana Dekon pesisir dari 15 provinsi yang diundang. Provinsi yang diundang meliputi Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, dan Lampung. Sementara itu, provinsi Kalimantan Barat dan Gorontalo tidak hadir.

Dalam kegiatan tersebut, peserta rakor bersepakat akan merealisasikan dekonsentrasi pesisir semester II tahun anggaran 2013 yang tertuang dalam Petunjuk Operasional Kegiatan (POK). Kesepakatan itu dituangkan dalam rekomendasi dan ditandatangani bersama para peserta tersebut.[ds/ray]