Dirjen Bina Pembangunan Daerah Muhammad Hudori Serahkan DIPA 2020

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 kepada para pejabat eselon II pada Jumat, (15/11/2019) di Ruang Rapat Utama Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu, Hudori mengingatkan lima arahan Presiden Joko Widodo yaitu, 1) segera laksanakan belanja dan lelang secepatnya bulan ini; 2) pengadaan barang dipastikan benar-benar ada hasilnya dan bermanfaat bagi masyarakat; 3) pelaksanaan pembangunan merupakan kerja tim mulai dari pusat hingga daerah; 4) upaya peningkatan SDM yang nyata, tidak hanya sertifikasi namun skill dan kemampuan yang nyata.

Sebelumnya, pada Kamis, (14/11/2019), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga telah menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 kepada Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori.

 

Mendagri mengatakan untuk menyongsong tahun 2020, perlu dicermati perkembangan pelaksanaan tahun 2019 mulai dari capaian, kekurangan, dan permasalahan sebagai masukan untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan yang akan datang.

Sementara berkaitan dengan DIPA tahun 2020, Mendagri menyampaikan enam hal, yaitu 1) optimalisasi penyerapan anggaran; 2) proses pengelolaan anggaran transparan, taat azas, hindari pemborosan, dan potensi korupsi, kolusi, manipulasi; 3) perbaiki dan tingkatkan terus kompetensi SDM aparatur pengelola anggaran; 4) tingkatkan koordinasi dengan pelaksana di daerah dan percepatan pelaksanaan tugas pembantuan; 5) responsif terhadap berbagai isu dan dinamika yang berkembang, harus mampu merespon secara cepat dan tepat, tidak bersikap pasif atau menunggu; serta 6) intensifkan pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan anggaran secara berkala, deteksi dini permasalahan yang  mungkin terjadi pada pelaksanaan kegiatan dan anggaran. [Mahfud Achyar]