Menteri Dalam Negeri Buka Rakortekrenbang Regional I di Surabaya

Dipublikasikan oleh : MA

SURABAYA, JAWA TIMUR – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional I di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, (4/3/2020).

Pada kesempatan itu, Tito mengatakan pelaksanaan Rakortekrenbang merupakan salah satu tahapan dalam siklus perencanaan pembangunan yang menjadi langkah awal dalam melakukan sinkronisasi rencana program dan kegiatan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian target nasional.

“Lewat forum Rakortek ini, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tahun 2021, yang akan disusun dan disinkronkan dengan prioritas Pemerintah Pusat” kata Tito

Lebih lanjut, Mendagri menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berkaitan dengan lima arahan utama dalam pembangunan Indonesia tahun 2020-2024, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

“Artinya, forum ini merupakan forum musyawarah dimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kita jabarkan ke dalam rencana kerja tahunan. Pegangan kita bersama adalah lima prioritas pembangunan yang merupakan visi misi Presiden yang sudah tertuang ke dalam RPJMN,” imbuh Tito.

Rakortekrenbang Regional I dihadiri oleh perwakilan KemenPPN/Bappenas, kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah (Pemda) di 18 provinsi, yaitu Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. [Mahfud Achyar]