Pemerintah Bahas Exit Strategy Pandemi COVID-19

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA - Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori didampingi Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Hari Nur Cahya Murni dan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) III Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Eduard Sigalingging mengikuti rapat koordinasi pembahasan tentang exit strategy dari pandemi COVID-19 bidang ekonomi dan kesehatan di Ruang Rapat Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Jumat, (8/5/2020).

Rapat yang dilakukan melalui video conference tersebut dipimpin oleh Menko Perekonomian serta diikuti oleh Menteri Perindustrian, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri Perhubungan, Menteri Parekraf, Menteri Koperasi dan UKM, Menkominfo, dan Kepala BNPP.

Berkaitan dengan pembahasan terkait exit strategy dari pandemi COVID-19 di bidang ekonomi, Kemenkes akan menerbitkan SOP Protokol Penanganan Kesehatan COVID-19 yang menjadi pegangan seluruh stakeholder serta menyiapkan personel guna membantu Gugus Tugas, baik di darat, di udara, maupun di laut.

Selanjutnya, hal yang menjadi perhatian dalam penyusunan dan penerapan exit-strategi yaitu penetapan fase dan penentuan waktu yang tepat sehingga tidak menimbulkan masalah baru nantinya. Selain itu, perlu dilakukan prakondisi guna memberikan informasi kepada publik mengenai dampak ekonomi dan pengangguran akibat dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk penentuan fase dan waktu exit strategy, akan dibahas setelah kajian dan pembahasan oleh seluruh Sesmenko dan Sekjen kementerian/lembaga terkait.