Mendagri Sampaikan Arahan Terkait Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Tahun 2020 dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori dan pejabat eselon 1 lingkup Kementerian Dalam Negeri memimpin rapat pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun 2020 dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Badan Pemeriksa Keuangan di Ruang Rapat Gedung A Kemendagri, Kamis, (14/5/2020).

Pada kesempatan itu, Mendagri menyampaikan pelaksanaan kegiatan dan anggaran Kemendagri tahun anggaran 2020, capaian kinerja lingkup Kemendagri, serta rencana aksi penugasan Kemendagri tahun 2020.

Selain itu, Mendagri menyampaikan capaian opini laporan keuangan Kementerian Dalam Negeri dalam kurun waktu tahun 2014 hingga 2018 yang menunjukkan konsistensi dengan tetap mempertahankan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pasca tahun 2013 yang hanya meraih Opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian). “Besar harapan kita semua pada 2019, Kementerian Dalam Negeri tetap dapat mempertahankan predikat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian),” kata Mendagri.

Mendagri meminta seluruh unit kerja eselon 1 untuk melaksanakan kegiatan dan anggaran pasca terbitnya Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Penghematan Tahun Anggaran 2020 dengan memperhatikan penanganan COVID-19; melaksanakan kegiatan sesuai Rencana Penarikan Dana (RPD) dan jadwal yang telah disusun (konsisten), serta Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa; serta melakukan inovasi agar tercipta pelayanan yang cepat, tepat, dan murah serta Tugas dan Fungsi (Tusi) tetap berjalan optimal dalam situasi pandemi COVID-19.

Mendagri berharap pimpinan unit kerja eselon 1 mempertahankan predikat Opini WTP BPK dan predikat kementerian/lembaga terbaik pengelolaan anggaran tahun 2020.