Hari Nur Cahya Murni Terima Kunjungan Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA — Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Hari Nur Cahya Murni mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerima kunjungan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi, Jumat (11/9/2020) di Kantor Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan.

Kunjungan LPAI ke Kemendagri dalam rangka mendiskusikan inisiasi LPAI bersama masyarakat yang membentuk satu seksi untuk melaksanakan kegiatan perlindungan anak yang berbasiskan masyarakat di bawah naungan Ketua RT yang diberi nama Seksi Perlindungan Anak Tingkat Rukun Tetangga (SPARTA).

Pada kesempatan itu, Hari Nur Cahya Murni mengatakan tugas dan fungsi Kementerian Dalam Negeri yaitu menjadi poros penyelenggaraan pemerintahan daerah. Lebih jauh, tugas Ditjen Bina Pembangunan Daerah yaitu melakukan evaluasi RPJMD serta memfasilitasi RKPD dan sinkronisasi program pusat dan daerah, termasuk urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Berkaitan dengan peguatan Pemda di bidang perencanaan dan penganggaran, urusan pemberdayaan dan perlindungan anak, Kemendagri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Dengan disampaikannya beberapa peluang kisi-kisi penguatan penanganan oleh Pemda tersebut, LPAI akan menyiapkan konsep Juknis tentang perlindungan anak untuk mendapatkan arahan dari Kemendagri agar implementasinya nanti mendapat dukungan dari Pemda.

Sebagai informasi, LPAI merupakan organisasi penggiat perlindungan anak yang kelembagaannya disahkan dengan surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI serta kepengurusannya diresmikan dengan surat Keputusan Menteri Sosial. Sebagai lembaga independen yang aktif menjalankan pemenuhan hak dan kepentingan terbaik anak sejak tahun 1997, LPAI memiliki 28 kantor LPA daerah di Provinsi dan 3 kantor LPA daerah di Kabupaten/Kota. [Mahfud Achyar]