Tim Tanggap Bencana Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Tinjau Lokasi yang Terdampak Bencana Banjir Kalimantan Selatan

Dipublikasikan oleh : Agni Prameswara

KALIMANTAN SELATAN - Tim Tanggap Bencana Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri telah mendarat di Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (20/1/2021).

Tiba di lokasi, tim yang berjumlah 19 orang yang merupakan perwakilan masing-masing unit kerja Eselon II, langsung mengikuti Rapat Koordinasi Tanggap Darurat bersama perwakilan BNPB, Kepala BPBD, dan perwakilan unsur Forkompimda Kalsel.

Pada Rakor tersebut, telah dilakukan koordinasi teknis antarinstitusi pusat daerah yg terlibat dalam tanggap bencana Kalsel. Tim juga berkesempatan melapor kedatangan dan siap bergabung menyesuaikan tugas dan fungsi mengingat dampak bencana tidak hanya terhadap masyarakat, tetapi juga terhadap aspek penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Pada kesempatan itu juga, tim juga sempat melaporkan secara langsung kepada Pj. Sekda Kalsel berkaitan dengan penugasan, sekaligus mendapatkan arahan dari beliau kepada BPBD untuk disediakan Posko Kemendagri.

Selanjutnya secara simultan, tim juga sedang menyiapkan untuk pemberian sumbangan. Rencananya tim akan bertugas di lapangan hingga 26 Januari 2021 dengan mengunjungi wilayah terdampak parah bencana banjir seperti Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Adapun tugas tim selama di lapangan antara lain: 1) koordinasi dengan Pemda dan tim Kemendagri lainnya seperti Ditjen Adwil, Ditjen Keuda, dan IPDN; 2) pencatatan Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang rusak (terutama pada Sarpras Pemerintahan dan Pelayanan Dasar); 3) pencatatan kebutuhan bahan pangan pokok masyarakat serta harga, distribusi, dan akses; 4) identifikasi perubahan perencanaan dan penganggaran tahun 2021 dan kesiapan perencanaan tahun 2022 di provinsi dan kabupaten/koya untuk Rakortekrenbang; serta 5) melaporkan harian kepada pimpinan melalui WhatsApp.