Tim Peduli Bencana Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri untuk Bencana Banjir Kalimantan Selatan Kembali ke Jakarta

Dipublikasikan oleh : MA

KALIMANTAN SELATAN – Tim Peduli Bencana Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri untuk bencana banjir Kalimantan Selatan pada Selasa (26/1/2021) kembali pulang ke Jakarta setelah bertugas di Kalimantan Selatan selama enam hari.

Ketua Tim Peduli Bencana Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Ahmad Ansory mengatakan selama bertugas di lapangan, tim berkoordinasi dengan pemerintah daerah; mencatat sarana dan prasarana yang rusak, terutama sarana dan prasarana pemerintahan dan pelayanan dasar; mencatat kebutuhan bahan pangan pokok masyarakat serta harga distribusi dan akses; melakukan identifikasi perubahan perencanaan penganggaran tahun 2021 dan kesiapan perencanaan tahun 2022 di provinsi dan kabupaten/kota untuk Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang); serta menyampaikan sumbangan kepada korban yang terdampak bencana.

Sebagai informasi, bencana banjir Kalimantan Selatan terjadi pada Rabu (13/1/2021). Keesokan harinya, Pemerintah Provinsi Kalimantan mengeluarkan Surat Pernyataan Gubernur Nomor 360/038/BPBD/2021 tentang Peningkatan Status Siaga Darurat menjadi Status Tanggap Darurat.