Rakortekrenbang 2021 Menjadi Acuan Penyusunan RKP Tahun 2022 dan RKPD Tahun 2022

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA – Direktur PEIPD Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Nyoto Suwignyo mewakili Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Sri Purwaningsih menutup secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2021, Rabu (10/3/2021).

Pada sambutannya, Nyoto mengatakan Rakortekrenbang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. “Hasil-hasil yang telah disepakati agar dapat dijadikan acuan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam kebijakan perencanaan program dan kegiatan tahun 2022,” kata Nyoto.

Lebih lanjut, Nyoto mengatakan hasil-hasil dan kesepahaman yang telah dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani bersama, tentunya bukan menjadi satu-satunya dasar untuk menetapkan program/kegiatan tahun 2022 dalam perencanaan pusat (RKP) dan daerah (RKPD).

“Proses perumusan program atau kegiatan masih memerlukan langkah pembahasan lebih lanjut dan diskusi sebelum sampai pada tahap akhir, yaitu melalui tahap Musrenbang provinsi pada Maret hingga April dan puncaknya pada Musrenbangnas pada akhir April atau Mei,” imbuh Nyoto.

Rakortekrenbang Tahun 2021 yang digelar sejak 25 Februari 2021 hingga 10 Maret 2021dilakukan secara hybrid (offline dan online) dengan tetap memperhatikan potokol kesehatan. Peserta Rakortekrenbang Tahun 2021 sebanyak 1.710 orang yang terdiri dari pemerintah pusat (perwakilan seluruh kementerian/lembaga), Bappeda, dan perangkat daerah provinsi. [Mahfud Achyar]