Hari Ini, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Fasilitasi RKPD Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA – Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Nyoto Suwignyo, didampingi Plt Kepala Bappeda Sulawesi Tengah membuka rapat fasilitasi rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar secara hybrid (daring dan luring), Kamis (17/6/2021).

Nyoto mengatakan fasilitasi rancangan akhir RKPD merupakan salah satu rangkaian dalam penyusunan RKPD 2022 yang difasilitasi oleh Menteri Dalam Negeri dalam hal ini melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri.

“Fasilitasi rancangan akhir RKPD Provinsi merupakan tindak lanjut dari amanat Pasal 102 ayat (2) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dan Pasal 3 ayat (2) Permendagri Nomor 17 Tahun 2021 yang bertujuan menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang difasilitasi oleh Mendagri/Gubernur,” jelas Nyoto.

Selanjutnya, surat hasil fasilitasi Rancangan Perkada RKPD 2022 Mendagri melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah merupakan rekomendasi penyempurnaan rancangan akhir RKPD 2022. RKPD tahun 2022 menjadi satu kesatuan dan bagian takterpisahkan dari kebijakan dan indikasi program prioritas dalam RPJMD tahun 2021-2026. RKPD dimaksud digunakan sebagai pedoman untuk menyusun APBD tahun anggaran 2022.

Selain Provinsi Sulawesi Tengah, hari ini Ditjen Bina Pembangunan Daerah juga memfasilitasi rancangan akhir RKPD Provinsi Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.