Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Lakukan Evaluasi Penyusunan RPJMD Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA – Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Nyoto Suwignyo menghadiri rapat progres pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah di wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua secara daring, Rabu (1/9/2021).

Pada kesempatan itu, Nyoto mengatakan pelantikan kepala daerah hasil Pilkada tahun 2020 mayoritas dilantik tanggal 26 Februari 2021. Setelah dilantik paling lama enam bulan, Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus menjadi Perda.

“Apabila RPJMD tidak menjadi Perda, anggota DPRD dan kepala daerah dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan selama tiga bulan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 266 Ayat 1,” kata Nyoto.

Lebih lanjut, Nyoto mengatakan daerah yang melaksanakan Pilkada tahun 2020, agar memperhatikan Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri PPN/Bappenas tentang Penyelarasan RPJMD dengan RPJMN Tahun 2020-2024 Nomor 050/3499/SJ dan Nomor 3 Tahun 2021 Tanggal 16 Juni 2021 sehingga hasil penyelarasan RPJMD dimaksud menjadi lampiran dokumen RPJMD yang juga menjadi salah satu pedoman penyusunan RKPD tahun rencana.

Sementara itu, berdasarkan Permendagri Nomor 17 Tahun 2021 dalam hal daerah masih proses melakukan penyusunan RPJMD sebagai tindak lanjut hasil Pilkada Serentak tahun 2020, penyusunan program, kegiatan, dan subkegiatan dalam RKPD tahun 2022 mengacu pada: arah kebijakan dan sasaran pokok RPJMD dan program prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk RKPD Provinsi; arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD kabupaten/kota, RPJMD provinsi, dan program prioritas nasional dalam RKP untuk RKPD kabupaten/kota; evaluasi capaian kinerja RPJMD periode sebelumnya dan Renstra PD periode sebelumnya; evaluasi capaian kinerja RKPD tahun 2020 dan Renja PD tahun 2020; serta visi misi dan program kepala daerah terpilih.

 

 

 


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mbstring' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: