Inilah Daftar Penerima Penghargaan Swasti Saba Tahun 2021

Dipublikasikan oleh : MA

JAKARTA – Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Sugeng Hariyono mewakili Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menghadiri acara Penganugerahan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) tahun 2021 yang diselenggarakan pada Rabu (17/11/2021) di Grand Ballroom Hotel JS. Luwansa Jakarta.

Pada kesempatan itu, Sugeng mengatakan Kabupaten/Kota Sehat merupakan program yang mencakup multidimensi sektoral dan memiliki pendekatan yang luas dalam aspek pembangunan daerah. “Salah satu aspek utamaya yaitu, mendorong masyarakat agar aktif dan peduli terhadap lingkungannya,” kata Sugeng.

Sugeng menambahkan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tidak terlepas dari tugas politik seorang kepala daerah. “Implementasi kabupaten/sehat sangat bergantung pada political will dari seorang kepala daerah,” imbuh Sugeng.

Menurut Sugeng, pada umumnya, daerah yang sukses menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat mempunyai kepala daerah yang peduli dengan kondisi kesehatan dan lingkungan serta faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan serta memiliki visi dan misi yang kuat berpihak pada masyarakat dan peduli terhadap keadaan kesehatan masyarakatnya dengan mempertimbangkan dampak-dampak kesehatan yang ditimbulkan bagi masyarakatnya.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh kepala daerah penerima penghargaan. Saya berharap Bapak dan Ibu dapat menjadi menjadi champion dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat, tidak hanya sehat, tetapi maju dan sejahtera,” ungkap Sugeng.

Acara penganugerahan Swasti Saba dihadiri secara luring oleh Wamen Kesehatan yang didampingi Plt Dirjen Kesmas, Deputi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK, Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah yang didampingi Direktur SUPD III serta gubernur atau yang mewakili Tim Pembina dari delapan provinsi dan 36 kabupaten/kota penerima penghargaan Swasti Saba tahun 2021 yang hadir secara daring.

Berikut daftar Kabupaten/Kota penerima penghargaan Swasti Saba tahun 2021:

A. Kategori Padapa (7 Kabupaten/Kota Terbaik)

1) Kabupaten Lampung Selatan

2) Kabupaten Bandung

3) Kabupaten Majalengka

4) Kota Sukabumi

5) Kabupaten Tegal

6) Kabupetan Boyolali

7) Kabupaten Banjar

B. Kategori Wiwerda (4 Kabupaten/Kota Terbaik)

1) Kabupaten Tebo

2) Kabupaten Pangkalpinang

3) Kabupaten Sumedang

4) Kabupaten Nganjuk

C. Kategori Wistara (25 Kabupaten/Kota Terbaik)

1) Kota Padang Panjang

2) Kabupaten Sukabumi

3) Kota Semarang

4) Kabupaten Banyuwangi

5) Kabupaten Ngawi

6) Kabupaten Ponorogo

7) Kabupaten Lamongan

8) Kabupaten Gresik

9) Kota Blitar

10) Kota Tomohon

11) Kabupaten Pinrang

12) Kabupaten Soppeng

13) Kabupaten Bantaeng

14) Kabupaten Barru

15) Kabupaten Wajo

16) Kabupaten Luwu

17) Kabupaten Gowa

18) Kabupaten Takalar

19) Kabupaten Sinjai

20) Kabupaten Jeneponto

21) Kabupaten Enrekang

22) Kabupaten Luwu Timur

23) Kota Parepare

24) Kota Palopo

25) Kota Baubau

D. Kategori 3 Tim Pembina KKS Provinsi Terbaik

1) Provinsi Sulawesi Selatan

2) Provinsi Jawa Barat

3) Provinsi Jawa Timur