Kemendagri Hadiri Kunjungan Reses Komisi II DPR ke Kota Cirebon

Tanggal Publikasi Apr 20, 2022
421 Kali

CIREBON - Plt. Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad menghadiri kunjungan reses Komisi II DPR RI ke Kota Cirebon, di Kantor Wali Kota Cirebon, Senin (18/4/2022).

Kunjungan ini merupakan bentuk fasilitasi DPR dan mitra dari pemerintah terkait Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria yang membahas isu terkait Pemilu, Mall Pelayanan Publik (MPP), serta keprotokolan dan Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda).

Pada kunjungannya, La Ode menyatakan bahwa pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) sangat penting karena merupakan amanat dari Presiden serta dilihat dari sisi perundang-undangan sudah cukup komprehensif.

"Pembangunan MPP ini dalam rangka meningkatkan pelayanan cepat, murah, mudah, dan transparan sehingga diharapkan Kota Cirebon dapat segera menyelesaikan pembangunan MPP," tegas La Ode.

Menurut data, perekaman KTP Kota Cirebon menduduki posisi pertama di Provinsi Jawa Barat. "Diharapkan ada atensi lebih dari pemerintah daerah dan kepala daerah untuk menganggarkan sarana prasarana pendukung dan perlu dipetakan kendala apa saja yang dihadapi oleh Kota Cirebon ini," sambung La Ode.

Lebih lanjut, anggota DPR menyoroti terkait keprotokolan yang diterapkan di Kota Cirebon. La Ode menyampaikan telah terbit Undang-Undang Nomor 9/2010 tentang Keprotokolan serta Peraturan Pemerintah Nomor 12/2022 tentang Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah, sehingga diharapkan adanya peran daerah untuk implementasinya di daerah.