Dukung Percepatan Penyaluran Pupuk Subsidi, Kemendagri Libatkan Pemda agar Distribusi Tepat Sasaran

Tanggal Publikasi Aug 19, 2022
412 Kali

Jakarta - Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Teguh Setiabudi memberikan dukungan dalam tata kelola subsidi pupuk. Teguh mewakili Menteri Dalam Negeri menyampaikan dukungan Kemendagri untuk percepatan implementasi kartu tani digital yang memudahkan petani dalam penebusan pupuk bersubsidi.

“Dukungan dilakukan dengan mendorong Pemda melakukan pemutakhiran dan verifikasi data petani sehingga dapat mempercepat kartu tani dalam bentuk digital,” demikian disampaikan dalam Rakor Terbatas Tindak Lanjut tata Kelola Subsidi Pupuk dan Pangan secara daring, Kamis (18/8/2022).

Teguh juga menekankan bahwa Kemendagri telah melakukan kerjasama penggunaan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang disesuaikan dengan kebutuhan elemen data untuk integrasi dalam sistem pendataan petani penerima pupuk bersubsidi. 

“Kemendagri juga mendorong Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan peran pengawasan dalam penyaluran dan penggunaan pupuk bersubsidi di daerah.”

Pimpinan Rapat, Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto menyampaikan Rapat koordinasi terbatas ini untuk membahas tindak lanjut tata kelola subsidi pupuk dan untuk menjalankan arahan Presiden untuk melakukan revitalisasi Pabrik Pupuk Iskandar Muda, yang perlu segera di tindak lanjuti.

Rapat diikuti oleh Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Kepala Badan Pangan Nasional, Wamen BUMN, Direktur Utama Perum Bulog, Direktur Utama Pupuk Indonesia Holding company, perwakilan dari Kemenkeu, Kemenperin, Bappenas, Sekab, Himpunan Bank Milik Negara, Ketua Satgas Pangan, serta Dirut Bank Syariah Indonesia.