HUT BPJS Ketenagakerjaan ke-45 Mengusung Tema Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

Tanggal Publikasi Dec 21, 2022
530 Kali

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Teguh Setyabudi hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-45, Selasa (20/122022) bertempat di Ballroom Plaza BPJS Jamsostek.

Acara yang dibuka dengan penampilan penyanyi keroncong Endah Laras dihadiri Menteri Ketenagakerjaan, Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Dirut BPJS Kesehatan, Ketua Ombudsman, Executive Chairman MNC, Ketua APINDO, Anggota Komisi IX DPR serta perwakilan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) para pimpinan perusahaan, redaksi, perbankan, mitra investasi dan perwakilan Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Pada sambutannya, Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan perlunya dukungan dan masukan yang konstruktif dari para stakeholders agar BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Acara ini diharapkan menjadi semangat untuk mewujudkan perlindungan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, mensejahterakan dan berkelanjutan.

Selanjutnya, Menteri Ketenagakerjaan memberikan apresiasi atas kerjasama dan kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dalam menyediakan data untuk penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2020 s.d. 2022. 

“Cakupan Kepesertaan Jamsostek, pada 2022 ini telah mencapai 27,2% atau 36,9 juta orang. Pada 2026, cakupan kepesertaan diperkirakan mencapai 77 juta pekerja,” tutur Ida Fauziyah.

Ucapan Hari Ulang Tahun pun juga datang dari Wakil Presiden, Asian Social Security Association (ASSA) Chairwoman dan International Social Security Association (ISSA) Chairman melalui penayangan video. 

“BPJS Ketenagakerjaan diharapkan terus memegang teguh komitmen dalam melindungi pekerja Indonesia secara menyeluruh dari resiko pekerjaannya, di samping itu perlu dukungan BPJS Ketenagakerjaan dalam percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan agar konsisten dalam pengelolaan program secara profesional dan akuntabel, terus inovatif dan kolaboratif, merangkul beragam pemangku kepentingan dan menjadikan pekerja sebagai pusatnya," pesan Wakil Presiden.

Pada peringatan HUT ini, BPJS Ketenagakerjaan menampilkan “wajah baru” dalam memberikan layanan kepada para peserta. Mulai dari tampilan fisik kantor, fashion show seragam insan BPJS Ketenagakerjaan serta telah berjalannya layanan Jamsostek Mobile (JMO) yang didesain sebagai platform digital untuk mempermudah penggunanya dalam mengajukan pinjaman uang, pinjaman rumah ataupun informasi ketersediaan pekerjaan. 

“Tahun 2022, BPJS Ketenagakerjaan telah melindungi 35 juta pekerja aktif. Tahun 2023 ditargetkan sebanyak 44 juta peserta dan diharapkan wajah baru ini dapat berlaku di seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia," ucap Anggoro Eko Cahyo Dirut BPJS Ketenagakerjaan.

Acara ini dimeriahkan dan ditutup dengan penampilan penyanyi Raisa.